Pasien Penyakit yang Tidak Disarankan Berpuasa - Ngintips-Kesehatan

Sabtu, 11 Juli 2015

Pasien Penyakit yang Tidak Disarankan Berpuasa

Pasien Penyakit yang Tidak Disarankan Berpuasa
Pertanyaan yang biasanya sering dilontarkan oleh pasien kepada dokter ketika menjelang bulan Ramadhan adalah tentang apakah dirinya boleh berpuasa atau tidak. Bila dalam kondisi sakit, agama Islam memperbolehkan pemeluknya untuk tidak berpuasa.

Nah, pada artikel ini saya akan berbagi informasi mengenai kelompok-kelompok pasien yang tidak boleh puasa lantaran keadaan sakitnya. Diperkirakan, puasa akan memperburuk kondisi sakitnya atau akan memperlama masa penyembuhan pasien tersebut.

1. Pasien dalam perawatan rumah sakit dan dalam kondisi diinfus. Infusnya tersebut dapat berupa cairan atau makanan, atau pasien yang tengah memperoleh transfusi darah.

2. Seseorang yang sedang dalam infeksi akut. Contohnya yaitu radang tenggorokan berat, diare akut, deman tinggi, mual, dan muntah.

3. Seseorang dengan migrain atau vertigo sebab keadaan sakitnya akan bertambah buruk bila pasien tersebut tidak makan atau minum obat.

4. Pasien dengan gangguan pernapasan akut seperti penyakit paru obstruksi kronis yang berat dan asma akut.

5. Pasien jantung dengan gagal jantung.

6. Pasien sakit maag yang tengah dalam kondisi akut, contohnya nyeri hebat hingga keluar keringat dingin dan muntah-muntah hebat.

7. Pasien kanker yang sedang dalam masa pengobatan atau belum diobati.

8. Pasien dengan gangguan liver kronis lanjut.

9. Pasien dengan gagal ginjal kronis yang tengah menjalani cuci darah atau peritoneal dialisis.

10. Pasien penyakit kencing manis yang gula darahnya belum terkendali atau bilapun terkontrol namun dengan kebutuhan insulin yang masih tinggi lebih dari 30 U per hari.

11. Orang tua usia lanjut dengan menderita pikun (Alzhaimer).

Itulah tadi informasi tentang pasien penyakit yang tidak disarankan berpuasa. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar