Tips Sehat Saat Bekerja di Depan Komputer - Ngintips-Kesehatan

Senin, 22 April 2013

Tips Sehat Saat Bekerja di Depan Komputer

Untuk mengerjakan tugas yang begitu banyak, biasanya banyak pekerja kantor yang terpaksa harus duduk berjam-jam lamanya di depan komputer. Tetapi, tahukah Anda bahwa bila duduk terlalu lama di depan komputer dapat berakibat buruk bagi tubuh?

Bekerja terlalu lama di depan komputer bisa menimbulkan sakit pinggang akibat postur tubuh yang buruk, ketegangan mata, serta banyak efek buruk lainnya.

Bekerja merupakan ibadah, namun begitu jangan sampai mengabaikan kesehatan Anda sendiri. Nah, bila Anda adalah salah satu dari orang-orang yang harus berada di depan komputer sepanjang hari, berikut ada beberapa tips atau langkah sederhana yang bisa Anda lakukan supaya karir dan kesehatan Anda seimbang.


Posisi Duduk yang Ideal

Duduklah pada posisi yang ideal yaitu posisi monitor komputer sedikit lebih rendah dari mata.

Taruh Bantal Kecil

Supaya sekitar pinggang dan bokong bisa nyaman dan beristirahat, taruhlah bantal kecil di belakang punggung bawah Anda.

Gerakkan Beberapa Anggota Tubuh

Gerakkan tangan, bahu, dada, leher, perut dan kaki setiap maksimal 1 jam untuk menghindari rasa pegal, pusing, dan melancarkan peredaran darah.

Istirahatkan Mata

Mata juga memerlukan istirahat. Alihkan pandangan ke obyek yang lebih jauh setiap 30 menit sekali untuk menghindari rasa lelah pada mata.

Coba Berdiri dan Berjalan

Cobalah sesering mungkin untuk berdiri. Berdiri dan berjalan berguna untuk memperbaiki postur dan menghindari ambeien saat Anda diharuskan duduk berjam-jam di depan komputer atau di depan tumpukan kertas kerja.

Ambil Nafas Dalam-dalam

Setiap 30 menit atau 1 jam, ambil nafas dalam-dalam untuk melatih otot perut, dada, dan meningkatkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

Minum Air Putih

Duduk terlalu lama bisa membuat cairan dalam tubuh menjadi berkurang. Untuk itu, minumlah air putih supaya Anda terhindar dari dehidrasi dan sakit pinggang.

1 komentar:

  1. terima kasih banyak sobat atas tipsnya sangat bermanfaat bagi kami yang setiap harinya menghabiskan waktu berjam-jam didepan komputer!!!

    BalasHapus