Cara Mengatasi Insomnia dan Nyeri Haid dengan Kangkung - Ngintips-Kesehatan

Selasa, 16 April 2013

Cara Mengatasi Insomnia dan Nyeri Haid dengan Kangkung

Kangkung
Kangkung merupakan salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin A, B, C, serta mineral seperti zat besi, asam amino, kalsium, fosfor, karoten, dan lain-lain. Dalam 100 gr kangkung yang direbus tanpa garam mengandung 91,2 gr air, 28 kkal energi, 1,9 gr protein, 0,4 gr lemak, 5,63 gr karbohidrat, 2 gr serat, dan 0,87 gr ampas.

Selain itu, kangkung juga mengandung selenium dan seng yang mempunyai efek merelaksasikan saraf sehingga otot menjadi tenang dan enak tidur. Oleh karena itu, kangkung dapat bermanfaat untuk mengatasi insomnia atau susah tidur. Di samping itu, kangkung juga baik untuk kesehatan pencernaan karena kangkung mempunyai serat yang tinggi.

Manfaat lain dari kangkung yang dapat diperoleh adalah untuk mengatasi nyeri haid atau datang bulan. Caranya, ambil ½ kg daun kangkung segar yang sudah dicuci, kemudian ditumbuk halus dan ditambahkan ½ gelas air, lalu disaring dan ditambahkan 1 sdm madu. Sebaiknya diminum sehari sekali ketika datang bulan.

Kangkung juga bermanfaat sebagai antiracun, terutama bagi anak-anak yang sering mengalami keracunan makanan. Caranya adalah 500 gr kangkung segar dicampurkan dengan kacang hijau, kemudian beri sedikit air. Campuran tersebut dihaluskan dan disaring. Lalu, air dari perasannya dicampurkan dengan madu, kemudian diminum pada pagi dan sore hari.