Tips Menjaga Kebersihan Rongga Mulut - Ngintips-Kesehatan

Jumat, 21 Desember 2012

Tips Menjaga Kebersihan Rongga Mulut

Tips Menjaga Kebersihan Rongga Mulut
Menjaga atau merawat rongga mulut merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan gigi dan kesehatan diri secara keseluruhan. Menjaga kesehatan mulut sangat penting untuk menjaga gigi seumur hidup.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan rongga mulut.

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi harus dilakukan dengan cara yang benar secara teratur agar kebersihan gigi dapat terjaga dengan baik. Cara-cara menyikat gigi yang benar dapat dilihat di sini.

2. Berkumur dengan Antiseptik

Bila sudah melakukan menyikat gigi dengan benar, kita bisa menyempurnakannya dengan berkumur menggunakan larutan antiseptik. Tujuannya adalah untuk membunuh bakteri penyebab plak di tempat-tempat yang tak terjangkau oleh sikat gigi.

Berkumur dengan antiseptik juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesegaran mulut dan mencegah sariawan.

3. Membersihkan Sela-sela Gigi

Kita juga perlu memastikan kebersihan sela-sela gigi dengan pembersihan interdental. Cara untuk membersihkan sela gigi bisa dilihat di sini.

4. Mengunyah Permen Karet

Biasanya permen karet mengandung pemanis xylitol. Xylitol berguna untuk menghambat perkembangan bakteri streptococcus sehingga mengurangi gigi berlubang dan plak.

Kegiatan mengunyah juga bisa merangsang produksi air liur yang merupakan perlindungan alami terhadap kerusakan gigi.

5. Menyikat Lidah

Membersihkan lidah dengan penggaruk atau sikat berhguna untuk menghilangkan penumpikan bakteri, sisa-sisa makanan, jamur, dan sel-sel mati dari permukaan lidah.

Masalah umum yang terjadi pada mulut dapat dihubungkan dengan bakteri dan jamur yang tumbuh di lidah. Bakteri pembusuk menghasilkan senyawa belerang di bagian belakang lidah yang menyebabkan bau mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar