Tips Membersihkan Sela-sela Gigi - Ngintips-Kesehatan

Kamis, 20 Desember 2012

Tips Membersihkan Sela-sela Gigi

Tips Membersihkan Sela-sela Gigi
Membersihkan sela-sela gigi merupakan hal penting untuk menjaga kebersihan rongga mulut. Perawatan sela gigi ini bisa dilakukan dengan menggunakan benang gigi (floss) dan tusuk gigi.

Berikut cara atau tips untuk membersihkan ruang antar-gigi dengan menggunakan kedua alat tersebut.

# Benang Gigi (Floss)

Menggunakan benang gigi adalah cara terbaik untuk membersihkan ruang antar-gigi. Benang gigi berlapis lilin (wax floss) merupakan alat yang nyaman karena meluncur lebih baik dan kurang berjumbai.

Ambillah seutas benang gigi, panjangnya sekitar 40 cm. Tahan dengan erat di antara jari-jari kedua tangan. Kemudian bersihkan ruang antar-gigi dengan gerakan ke atas dan ke bawah.

Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi ini mungkin memerlukan beberapa kali latihan untuk dapat lancar menggunakannya.

# Tusuk Gigi

Alat untuk membersihkan sela gigi lainnya adalah tusuk gigi. Tusuk gigi yang baik terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk runcing yang cocok di ruang antar-gigi.

Cara penggunaannya adalah letakkan tusuk gigi sedapat mungkin tegak lurus gigi di sela antar-gigi di mana terdapat kotoran terselip. Buang kotoran tersebut dengan tusuk gigi.

Harap hati-hati saat menggunakan tusuk gigi. Jangan sampai melukai gusi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar