Apa itu Sendawa? - Ngintips-Kesehatan

Jumat, 25 Januari 2013

Apa itu Sendawa?

Udara
Bersendawa adalah salah satu fungsi normal dari tubuh yang berguna untuk mengeluarkan gas atau udara yang menumpuk di dalam perut. Sendawa ini akan mengurangi rasa yang tidak nyaman.

Tidak hanya makanan atau minuman saja yang masuk ke dalam tubuh pada waktu kita makan atau minum. Tetapi juga udara seperti gas oksigen dan nitrogen turut masuk ke dalam perut. Udara yang bila telah menumpuk ini harus dikeluarkan melalui sendawa.

Ada beberapa hal umum yang dapat menyebabkan terjadinya bersendawa, untuk selengkapnya dapat di baca di sini.

Sendawa biasanya dianggap sebagai tanda tubuh telah kenyang. Tetapi, jika sendawa terjadi berulang-ulang bahkan ketika perut dalam keadaan kosong serta diikuti dengan gejala lainnya, bisa jadi ada yang tidak beres dengan tubuh.

Sendawa tidak mengenal batas umur dan semua orang pernah mengalaminya. Dalam medis, sendawa dikenal  dengan istilah aerophagia. Walaupun sendawa bukanlah penyakit menurut medis, tetapi jika kita bersendawa di waktu yang tidak 'pas' akan membuat rasa yang tidak nyaman dan malu. Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan hal ini untuk menghindari sendawa.

1 komentar: