Cara Mencegah Penyakit Flu - Ngintips-Kesehatan

Rabu, 10 Desember 2014

Cara Mencegah Penyakit Flu

Virus
Salah satu penyakit yang disebabkan oleh masuknya virus influenza ke dalam saluran pernafasan adalah pilek dan batuk. Infeksi ini disebabkan oleh beberapa strain virus influenza, yakni influenza A, B, dan C.

Masa inkubasi dari virus ini berlangsung selama 3 sampai 10 hari dengan tanda-tanda berupa rasa gatal pada hidung yang diikuti sakit kepala, sakit tenggorokan, demam, dan badan yang terasa lemas.

Virus influenza ini bisa ditularkan dengan waktu yang cepat lewat air liur yang telah terinfeksi atau batuk dan bersin dari seseorang yang terkena flu.

Untuk pencegahannya bisa dilakukan dengan memberikan vitamin C yang sudah terbukti sanggup meningkatkan imunitas tubuh. Bila disertai dengan demam yang tinggi bisa ditambahkan dengan menjaga pola makan yang sehat khususnya yang mengandung beragam sumber energi seperti vitamin A, B, dan C serta zat besi untuk proses metabolisme kalori.

Perbaikan terhadap infeksi diperlukan vitamin A dan C serta zat besi yang berguna untuk membentuk antibodi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu, perbanyak konsumsi air putih dari 6 atau 8 gelas sehari menjadi 10 gelas dalam sehari. Air bisa menghanyutkan virus dalam tubuh dalam aneka bentuk seperti keringat dan air seni.