Cara Mudah Mencegah Sakit Maag - Ngintips-Kesehatan

Sabtu, 13 Desember 2014

Cara Mudah Mencegah Sakit Maag

Stress
Maag dapat didefiniskan sebagai suatu luka atau peradangan yang bisa menyerang lambung. Maag ini di dalam dunia kesehatan lebih dikenal dengan istilah gastritis atau dyspepsia.

Kemungkinan semua orang terkena penyakit maag itu adalah bisa saja. Tetapi, biasanya maag menyerang orang yang berumur antara 10 sampai 50 tahun.

Penyakit maag memiliki gejala yang bervariasi. Mulai dari gejala yang ringan sampai gejala yang berat. Pada gejala yang ringan, biasanya orang mengalami rasa perih atau terbakar di ulu hati, cepat merasa kenyang sampai perut terasa kembung atau penuh.

Sementara itu, gejala maag yang berat dapat ditandai oleh muntah darah atau muntah hitam seperti kopi. Selain itu, buang air besarnya cair dan berwarna hitam seperti aspal.

Untuk mencegah penyakit maag ini, ada beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan. Menjalani pola atau gaya hidup sehat merupakan usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah kita terkena penyakit maag.

Oleh karena itu, ubah gaya hidup kita mulai dari sekarang untuk melakukan olahraga secara rutin. Sedapat mungkin untuk menghindari stres. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, memperbanyak minum air putih dan makan makanan yang berserat.

Di samping itu, hindari mer0k0k, konsumsi alk0h0l, dan kopi yang sangat pekat. Jangan lupa juga untuk melakukan hal yang penting sekali, yaitu makan tiga kali sehari.