6 Langkah Hidup Sehat di Kantor - Ngintips-Kesehatan

Kamis, 15 November 2012

6 Langkah Hidup Sehat di Kantor

6 Langkah Hidup Sehat di Kantor
Pekerjaan dengan duduk anteng di belakang meja yang tidak diimbangi dengan olahraga dan pola makan bernutrisi seimbang akan dihinggapi penyakit secara diam-diam. Padahal, selalu ada "celah" agar dapat menjalani gaya hidup sehat di kantor.

Pekerja kantoran perlu komitment yang lebih kuat bila ingin menjalani gaya hidup sehat. Berikut 6 langkah untuk menjalani gaya hidup sehat di kantor.

Manfaatkan Jam Kerja

Bekerja dengan jam kerja yang rutin merupakan sebuah kesempatan emas. Anda mengetahui kapan rapat biasanya dijadwalkan sampai tenggat waktu tugas. Jadi, lakukan hal yang sama dengan jadwal olahraga dan makan siang. Contohnya, tepai jam makan siang dan siapkan camilan bernutrisi untuk sore hari. Kemudian, sepulang kerja atau sebelum bekerja, sisihkan 40 menit sehari untuk berolahraga.

Cari Teman

Anda bukan satu-satunya yang ingin hidup sehat di kantor, bukan? Niat yang teguh dari dalam diri sendiri akan membuat pola hidup sehat lebih optimal. Namun, tidak ada salahnya bila mengajak orang lain. Terlebih bila hal ini dapat memicu semangat. Jadi, ajak saja rekan kerja yang terakrab untuk meluangkan waktu selama 40 menit setiap 2 hari sekali untuk berolahraga atau saling bertukar bekal makan siang.

Bawa Bekal

Memang terkesan merepotkan jika menyiapkan bekal. Akali hal tersebut dengan menyiapkan bahan bekal setiap seminggu sekali. Kemudian, isi lunch box dengan sayuran, buah, makanan yang mengandung protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks. Untuk menyiapkan bekal, Anda tentu harus bangun lebih pagi. Namun, hal tersebut dapat membuat Anda lebih fit.

Upayakan pula membawa menu yang beragam agar tidak bosan danbawa persediaan tambahan bila lembur. Siapakan camilan sehat seperti protein bar yang dapat dibeli di supermarket untuk berjaga-jaga seandainya Anda lupa atau tidak sempat membawa bekal.

Belajar Menolak

Godaan terbesar saat menjalankan pola makan sehat adalah ajakan memesan makanan cepat saji atau camilan favorit. Tolak saja ajakan tersebut dengan sopan dan katakan, "Tidak, tapi terima kasih, ya!".

Sesekali Anda boleh menyantap makanan favorit tapi dengan syarat takar porsi secukupnya, kunyah pelan-pelan, dan nikmati "time out" ini. Jangan curang mengambil tiap peluang. terlebih bila kantor tidak pernah kehabisan cake sampai kudapan.

Minum Air

Air juga termasuk gaya hidup sehat selain makanan. Apalagi haus dapat menyebabkan Anda merasa lapar. Jadi, usahakan tubuh tak dehidrasi dengan meminum seteguk air putih setiap 30 menit sekali atau 5 gelas sehari.

Perbaiki Postur

Cara untuk memperbaiki posisi duduk saat bekerja adalah, pertama, pastikan pandangan mata dan layar komputer sejajar sehingga Anda tidak perlu mendongak atau menunduk. Kedua, pastikan saat Anda mengetik di keyboard, lengan atas dan lengan bawah membentuk sudut 90°. Pastikan leher dan punggung atas tak tegang ketika jari menyentuh keyboard. Ketiga, ketika Anda duduk tanpa bersandar, duduklah dalam posisi tegak atau jangan membungkuk.

Bila kursi tak mempunyai sandaran, lakukan gerakan berikut selama 10 detik. Naikkan tulang rusuk beberapa senti, tarik bahu ke belakang, sehingga Anda sedikit membusungkan dada. Tahan napas sampai timbul kontraksi lalu kembali ke posisi semula dengan menekan perut ke dalam selama 10 detik. Lakukan gerakan ini 3 - 5 kali sehari untuk mencegah sakit punggung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar