Efek Buruk Kegemukan untuk Wanita - Ngintips-Kesehatan

Jumat, 14 Maret 2014

Efek Buruk Kegemukan untuk Wanita

Bila dibandingkan dengan kaum pria, tubuh wanita cenderung lebih gampang mengalami kegemukan dengan efek yang jauh lebih jelas. Kegemukan pada pria biasanya cuma berdampak pada kesehatan fisik. 

Sedangkan kegemukan pada wanita berpengaruh pula pada psikologis atau kejiwaan. Hal ini yang membuat kesehatan semakin menurun karena secara kejiwaan tidak sehat.

Wanita akan merasa kurang percaya diri untuk memakai busana beragam model atau warna dengan tubuh yang cenderung gemuk atau berisi yang nantinya dapat memengaruhi kejiwaan. Berikut ini beberapa efek buruk yang ditimbulkan kegemukan pada tubuh wanita.

1. Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi pada wanita yang normalnya rata-rata sekitar 28 hari bisa dipengaruhi oleh timbunan lemak di sekitar rahim.

2. Risiko Serangan Jantung

Dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai berat badan yang berlebih, kelebihan berat badan cenderung berdampak pada tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor utama dari penyakit jantung dan stroke. Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida kerap dihubungkan dengan kegemukan yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Timbangan Berat Badan Analog Biru
dimoji / downloadkumpulangambarkeren.com

3. Radang Sendi dan Tumit Retak

Tekanan pada sendi dalam tubuh sangat terasa karena harus menumpu beratnya bobot tubuh. Hal ini membuat orang dengan kegemukan gampang terkena penyakit inflamasi kronis seperti arthritis. Beratnya bobot yang harus ditumpu juga mengakibatkan retaknya tumit.

4. Depresi

Ketidakseimbangan hormon yang bisa menyebabkan efek kejiwaan biasanya terjadi pada wanita yang mengalami kegemukan atau obesitas. Kondisi seperti ini kadang-kadang memicu stres yang disebabkan obsesi ingin mempunyai tubuh kurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar