Hubungan Sinus dengan Hujan - Ngintips-Kesehatan

Senin, 03 Maret 2014

Hubungan Sinus dengan Hujan

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kambuhnya sinusitis adalah perubahan cuaca seperti musim dingin atau musim penghujan.

Ada beberapa hal yang bisa membuat sinusitis kerap terjadi pada saat musim dingin. Sinusitis kerap kali dimulai dari flu yang disebabkan oleh virus, sama halnya dengan infeksi virus ,yang biasanya gampang menular. Penyebaran infeksi lebih gampang terjadi orang lebih banyak menghabiskan waktu  di dalam ruang tertutup dan berinteraksi dengan orang lain pada saat musim dingin.

Selain itu, udara yang dingin dan juga kering berpotensi memunculkan inflamasi (peradangan) pada mukosa hidung yang ditandai dengan gejala-gejala radang hidung yang dapat menyebabkan sumbatan ostium sinus sehingga terjadi sinusitis. Sudah dibuktikan oleh penelitian bahwa peningkatan pelepasan mediator  inflamasi ketika hidung terpajan udara dingin dan kering.

Orang-orang yang biasanya sinusnya rentan kambuh ketika musim dingin adalah  yang sensitif terhadap udara dingin. Penderita radang hidung alergi dan non-alergi adalah orang yang berisiko mengalami sinusitis pada musim dingin.

Nah, untuk menghindari sinusitis pada musim dingin dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang tebal dengan masker wol menutupi hidung ketika keluar dari rumah. Sedangkan saat berada di dalam rumah disarankan untuk memakai humidifier guna mencegah udara kering, cucilah hidung dengan melewatkan air hangat ke lubang hidung secara teratur, lalu perbanyak minum air agar lendir lebih encer dan tinggikan kepala ketika berbaring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar