Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Demam Berdarah - Ngintips-Kesehatan

Sabtu, 08 Februari 2014

Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Demam Berdarah

Nyamuk Aedes Aegypti
Genangan air yang tersisa merupakan lokasi yang potensial bagi nyamuk untuk berkembang biak saat banjir telah surut. Di dalam genangan tersebut, jentik-jentik nyamuk bisa tumbuh dan berkembang.

Salah satu nyamuk yang dapat tumbuh di sana adalah nyamuk Aedes aegypti. Spesies nyamuk ini membawa virus dengue. Virus ini bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Gejala Demam Berdarah

Tanda-tanda dari DBD di antaranya adalah demam tinggi, sakit kepala, nyeri pada sendi dan tulang, nyeri di belakang mata, serta mual dan muntah. Ruam merah biasanya timbul pada permukaan kulit. Para penderita DBD juga mengalami penurunan trombosit yaitu bagian darah yang berperan dalam pembekuan darah. 

Pengobatan Demam Berdarah

Tambahan cairan tubuh melalui minuman dan elektrolit perlu dilakukan untuk mencegah dehidrasi akibat demam dan muntah. Akan lebih baik bila penyakit ini ditangani di rumah sakit terdekat supaya proses penyembuhannya bisa terpantau.

Pencegahan Demam Berdarah

Usahakan supaya genangan air kering dari sudut-sudut rumah Anda saat banjir telah surut. Bersihkan tempat-tempat air secara rutin, kuras penampungan air, mengubur barang-barang bekas penampung jentik, seperti kaleng bekas dan tutup rapat penampungan air.