Inilah Mitos Keliru tentang Metabolisme - Ngintips-Kesehatan

Minggu, 30 November 2014

Inilah Mitos Keliru tentang Metabolisme

Inilah Mitos Keliru tentang Metabolisme
Metabolisme merupakan cara tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Metabolisme ini biasanya sering dikaitkan dengan orang yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan.

Ada beberapa mitos yang terkait dengan metabolisme ini. Oleh karena itu, kita harus mewaspadainya. Masih banyak orang yang memercayai mitos keliru mengenai metabolisme.

Beberapa mitos keliru tentang metabolisme adalah sebagai berikut.

1. Metabolisme akan menurun drastis di umur 30 tahun.

Proses penurunan metabolisme terjadi di usia 40 tahun yang disertai dengan hilangnya massa otot yang juga berpengaruh terhadap pembakaran kalori dan kegemukan. Oleh karena itu, Sobat tidak perlu risau bila memasuki usia 30 tahun.

2. Metabolisme tidak mempunyai ukuran yang pasti.

Banyak orang yang beranggapan bahwa manusia modern itu pasti memiliki proses metabolisme yang lambat. Nah, cara yang mudah untuk mengukur apakah kita mempunyai metabolisme yang baik adalah dengan melakukan olahraga dan mengatur pola makan. Bila hasilnya baik atau bahkan mencapai maksimal, maka hal ini berarti kita berhasil mengontrol proses metabolisme.

3. Proses metabolisme tidak dapat diubah.

Merupakan hal yang keliru bila kita masih berpikiran bahwa kita dilahirkan dengan metabolisme yang lambat dan tidak dapat mengubahnya. Cara untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

4. Perempuan bertubuh kurus mempunyai metabolisme yang baik.

Anggapan ini adalah keliru karena tidak selalu seperti itu. Orang yang bertubuh kurus gemar mengompensasi apa yang dilakukannya. Jika mereka makan terlalu banyak dalam sekali makan, maka mereka akan makan lebih sedikit pada makan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar