Penyebab Umum Bersendawa - Ngintips-Kesehatan

Kamis, 27 Desember 2012

Penyebab Umum Bersendawa

Bersendawa merupakan salah satu fungsi normal dari tubuh yang bermanfaat untuk mengeluarkan gas atau udara yang menumpuk di dalam perut sehingga mengurangi rasa tidak nyaman. Istilah medis untuk bersendawa adalah aerophagia.

Saat seseorang makan atau minum, sebenarnya tidak hanya makanan atau minuman saja yang masuk ke dalam tubuh. Namun, udara seperti gas nitrogen dan oksigen juga turut masuk ke dalam perut. Bila telah menumpuk, udara ini harus dikeluarkan melalui sendawa.

Berikut ini beberapa penyebab umum dari bersendawa.

# Kelebihan Asupan Makanan yang Mengandung Gas

Makanan-makanan yang mengandung gas diantaranya adalah soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain sebagainya.

# Asupan Udara

Salah satu penyebab sendawa adalah udara yang terhirup melalui mulut. Masuknya udara ke dalam tubuh dapat melalui berbagai cara, diantaranya ketika merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

# Mengonsumsi Susu Dingin Saat Perut Kosong

Sendawa dapat disebabkan oleh intoleransi laktosa yaitu gangguan pencernaan setelah minum susu atau produk susu. Sebaiknya mengamati reaksi tubuh setelah minum susu dan menentukan penggunaan selanjutnya berdasarkan reaksi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar