Penyakit-penyakit dengan Gejala Bersendawa yang Tak Henti - Ngintips-Kesehatan

Rabu, 26 Desember 2012

Penyakit-penyakit dengan Gejala Bersendawa yang Tak Henti

Jika kita bersendawa yang terjadi berkali-kali dan tidak berhenti serta diikuti dengan gejala yang lainnya, maka hal ini perlu kita waspadai. Karena hal ini bisa jadi merupakan gejala penyakit-penyakit seperti yang tertera di bawah ini.

# Dispepsia

Dispepsia merupakan keadaan yang mengacu pada sekelompok gejala yang berhubungan dengan fungsi pencernaan. Gejala yang juga dapat menyertai penyakit ini selain bersendawa adalah perut kembung, nyeri, mual, muntah, merasa terlalu kenyang setelah makan, kurang nafsu makan atau memuntahkan sebagian makanan yang sudah dimasukkan ke tubuh.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hal-hal tersebut di atas diantaranya adalah stres psikologis, merokok, penggunaan alkohol dan obat seperti aspirin.

# Gangguan pada Esofagus

Keadaan ini biasanya tidak hanya menyebabkan sendawa, tetapi terkadang diikuti dengan aliran asam lambung atau makanan yang berbalik dari isi perut ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

# Sakit Maag

Keadaan ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah asam lambung di dalam perut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal ini dapat membuat seseorang lebih sering bersendawa yang kadang diikuti dengan rasa mual dan muntah.