Penyakit Kulit yang Disebabkan Handuk Kotor - Ngintips-Kesehatan

Senin, 03 Desember 2012

Penyakit Kulit yang Disebabkan Handuk Kotor

Jika kita telah selesai mandi, tentu kita mengeringkan badan dari air yang menempel di badan dengan menggunakan handuk. Karena bila air dibiarkan melekat di badan akan membuat kulit menjadi lembab dan mengundang datangnya penyakit kulit.

Handuk yang digunakan untuk mengeringkan badan harus kering dan bersih. Handuk yang kotor akan menjadi perantara bakteri atau jamur menempel di badan dan menyebabkan beberapa penyakit kulit.

Beberapa penyakit kulit yang disebabkan handuk kotor adalah sebagai berikut:

1. Skabies (kutu)

Penyakit kulit ini sering disebut juga guduk atau budukan. Cara penularannya bisa dengan kontak langsung atau kontak tidak langsung. Contoh kontak langsung (kulit dengan kulit) yaitu berjabat tangan dan tidur bersama. Sedangkan kontak tidak langsung seperti dengan handuk, bantal, dan seprei. Gejala penyakit kulit ini adalah kulit seperti ada terowongan yang berwarna putih atau keabu-abuan berbentuk garis lurus atau berkelok (alur jalan kutu). Lokasi penyakit ini biasanya ada di sela jari tangan, pergelangan tangan, lipatan ketiak, siku, kelamin, dan pantat. Kulit pada bagian tubuh ini biasanya tipis sehingga cepat terkena infeksi.

2. Jamur (Derma Tofita)

Nama lain penyakit kulit ini adalah kurap. Muncul ketika berkeringat dan gatal. Bentuknya bermacam-macam, bersisik, bagian tepi lebih aktif (merah karena peradangan).

3. Panu (Malassezia Furgur)

Nama penyakit kulit ini biasa terdengar. Umumnya tidak gatal. Bercak putih bersisik putih hingga coklat. Penyakit kulit ini biasa terdapat di ketiak, wajah, tungkai atas dan lipatan paha.

4. Infeksi Bakteri Pioderma

Penyakit kulit yang satu ini biasa menyerang anak-anak hingga remaja. Berhubungan dengan kehigienisan.