Cara Alami Mengobati Asam Urat dengan Daun Alpukat - Ngintips-Kesehatan

Minggu, 14 Desember 2014

Cara Alami Mengobati Asam Urat dengan Daun Alpukat

Daun Alpukat
Kandungan yang terdapat di dalam buah alpukat banyak yang bermanfaat untuk tubuh. Buah alpukat selama ini diketahui mempunyai kegunaan yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi buah aplukat secara rutin dipercaya mampu menurunkan kolesterol darah, mencegah anemia, dan lain sebagainya.

Bukan hanya buahnya, ternyata daun alpukat juga mempuyai kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit asam urat seperti halnya daun sukun. Beberapa zat yang terkandung di dalam daun alpukat di antaranya adalah polifenol, quersetin, dan gula alk0h0l.

Cara mengolah daun alpukat menjadi obat asam urat ini adalah cukup mudah untuk dilakukan. Caranya, ambil daun alpukat sebanyak kurang lebih 25 gram. Lalu, daun alpukat tersebut dipotong-potong dan rebus di dalam 4 gelas air.

Rebus sampai mendidih dan sisakan hingga 2 gelas. Sesudah itu, air rebusan daun alpukat dapat diminum 1 jam sebelum makan. Bila Sobat mempunyai gangguan lambung, dapat menambahkan daun salam, temulawak, atau kunyit.

Air rebusan daun alpukat tidak memunculkan efek samping dan bisa dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Jika Sobat telah terkena penyakit asam urat, dapat minum air rebusan 3 gelas sehari. Sedangkan untuk pencegahan supaya tidak terkena asam urat, dapat diminum sebanyak 1 gelas sehari.

Hasil yang diperoleh dari minum air rebusan daun alpukat ini adalah berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung dari tingkat keparahan suatu penyakit. Jika telah sembuh, penderita asam urat dapat tetap minum air rebusan tersebut sebagai maintenance.

Tetapi, selain meminum air rebusan daun tersebut, sebaiknya penderita asam urat menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat, contohnya adalah makanan yang berasal dari kacang-kacangan, makanan laut, makanan yang mengandung banyak lemak, seperti hati, babat, ginjal, dan usus.

Di samping itu, perbanyaklah minum air putih supaya metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga bisa membantu pengeluaran purin dari dalam tubuh. Minum 2 liter atau kurang lebih 8 gelas air putih per hari supaya kadar asam urat bisa keluar lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di ginjal atau kandung kemih.