Pengobatan Asam Urat Secara Alami dengan Daun Sukun - Ngintips-Kesehatan

Minggu, 14 Desember 2014

Pengobatan Asam Urat Secara Alami dengan Daun Sukun

Daun Sukun
Sukun memang terkenal dapat menyembuhkan beragam penyakit sejak dahulu. Selain buahnya yang dapat digunakan, daun sukun juga dapat menyembuhkan penyakit asam urat.

Beberapa zat alami yang terdapat di dalam daun sukun, seperti asam hidrosinat, tanin, riboflavin, sampaiasetilcolin bergua untuk melawan sumber penyakit yang berbahaya. Tidak hanya untuk menyembuhkan penyakit asam urat, daun sukun juga bisa mengobati penyakit diabetes dan ginjal.

Untuk menyembuhkan asam urat, Sobat bisa mengambil kurang lebih daun sukun sebanyak 15 gram, dan rebus sampai mendidih. Tetapi, harap berhati-hati bagi Sobat yang mempunyai penyakit maag jika hendak meminum rebusan daun sukun.

Bagi yang memiliki penyakit maag, dapat menambahkan daun salam, temulawak, atau kunyit. Selain itu, dapat juga mencampurkan daun sukun dengan daun sirsak atau salam.

Jika Sobat telah terkena penyakit asam urat, maka dapat minum air rebusan daun sukun sebanyak 3 kali sehari. Tetapi, untuk pencegahan asam urat, air rebusan daun sukun cukup diminum satu sekali sehari.

Sebaiknya rebusan air daun sukun diminum sebelum makan. Bagi yang memiliki penyakit maag, sebaiknya minum air rebusan daun sukun satu jam setelah makan.

Hasil yang didapatkan dari minum air rebusan daun sukun ini berbeda-beda untuk tiap orang, tergantung dari tingkat keparahan suatu penyakit. Jika telah sembuh, penderita asam urat dapat tetap minum air rebusan tersebut sebagai maintenance.

Tetapi, selain meminum air rebusan daun tersebut, sebaiknya penderita asam urat menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat, misalnya makanan yang berasal dari kacang-kacangan, makanan laut, makanan yang mengandung banyak lemak, seperti hati, babat, ginjal, dan usus.

Selain itu, perbanyak minum air putih supaya metabolisme tubuh menjadi lancar sehinggab isa membantu pengeluaran purin dari dalam tubuh. Minum 2 litar atau kurang lebih 8 gelas air putih per hari supaya kadar asam urat bisa keluar lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di ginjal atau kandung kemih.