Jenis-jenis Diabetes Mellitus - Ngintips-Kesehatan

Rabu, 15 April 2015

Jenis-jenis Diabetes Mellitus

Jenis-jenis Diabetes Mellitus
Diabetes mellitus merupakan penyakit atau kelainan yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi, disebabkan kekurangan hormon insulin yang berfungsi membantu tubuh untuk mendapatkan energi dari makanan. Gejala penyakit diabetes terjadi secara bertahan dan perlahan-lahan.

Setidaknya ada 4 jenis diabetes mellitus yang dikenal saat ini. Berikut ini informasi singkat tentang jenis-jenis diabetes mellitus.

Diabetes Mellitus Tipe 1

Diabetes tipe ini kebanyakan diderita oleh anak-anak dan remaja yang pada umumnya tidak gemuk. Sesudah penyakitnya diketahui, mereka harus langsung memakai insulin karena pankreas amat sedikit atau bahkan tidak menghasilkan insulin sama sekali.

Diabetes Mellitus Tipe 2

Tipe diabetes ini pada umumnya terjadi pada orang dewasa (kadang-kadang bisa terjadi pada anak-anak) dan disebabkan oleh kekurangan hormon insulin secara relatif. Umumnya terjadi secara perlahan-lahan dan tanpa gejala yang signifikan, selanjutnya secara bertahap akan bertambah berat.

Diabetes Mellitus Tipe Lain

Kelainan pada diabetes ini diakibatkan oleh kerusakan atau kelainan dari fungsi kelenjar pankreas yang bisa disebabkan oleh bahan kimia, obat-obatan, atau penyakit pada kelenjar tersebut.

Diabetes Gestasional (Kehamilan)

Tipe diabetes ini cuma terjadi ketika kehamilan dan menjadi normal kembali sesudah melakukan persalinan.