Jenis-jenis Pasta Gigi - Ngintips-Kesehatan

Kamis, 13 Februari 2014

Jenis-jenis Pasta Gigi

Jenis-jenis Pasta Gigi
Ketika kita ingin membeli pasta gigi di supermarket, kita menemukan banyaknya jenis pasta gigi yang terpajang di rak panjang. Mulai dari yang untuk gigi sensitif, yang dapat memutihkan gigi, mengandung penyegar mulut, mencegah penumpukan plak, hingga mencegah gigi berlubang.

Ada beberapa varian pasta gigi yang mengklaim memiliki kelebihan walaupun sebenarnya kandungan inti semuanya sama saja. Lalu apa bedanya? Berikut ini ulasannya satu per satu.

Pasta Gigi Pemutih

Biasanya pasta gigi jenis ini mengandung zat silika dan enzim-enzim yang berguna untuk menggosok noda di permukaan gigi. Noda pada gigi bisa berasal dari kopi, teh, atau mer*kok.

Silakan pergi ke dokter gigi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa noda di gigi tersebut disebabkan oleh noda permukaan sebelum membeli pasta gigi pemutih yang mahal harganya.

Bila noda disebabkan oleh hal lain seperti lubang, obat-obatan yang diminum sewaktu kecil atau penuaan, seberapa sering pun Anda menyikat gigi, tidak akan membuatnya menjadi putih. Bahkan, pemutih dalam pasta gigi ini dapat menimbulkan luka dan nyeri bagi orang yang mempunyai gigi dan gusi yang sensitif.

Pasta Gigi Sensitif

Bagi orang yang memiliki gigi sensitif, sekarang ini dimanjakan dengan kehadiran aneka varian untuk mencegah gigi sensitif datang lagi. Pasta gigi sensitif mengandung kalium nitrat atau arginin yang bisa mengurangi sensitivitas di gigi.

Rasa ngilu merupakan tanda dari gigi sensitif. Tetapi jangan salah, lubang kecil di gigi yang tidak tampak sekalipun juga bisa menyebabkan rasa ngilu di gigi. Yang membedakan adalah ngilu yang dirasakan oleh penderita gigi sensitif akan lebih tajam dan cuma sekilas usai makan atau minum yang panas atau dingin.

Gigi sensitif biasanya disebabkan oleh gusi yang sudah mulai turun atau kerusakan email gigi. Bila ngilu yang Anda alami bertahan hingga beberapa menit, kemungkinan itu bukan gigi sensitif, melainkan telah ada lubang di gigi.

Pasta gigi sensitif bisa efektif mencegah ngilu untuk sementara waktu. Oleh karena itu, sebaiknya periksa ke dokter gigi guna memastikan penyebab ngilu di gigi dan menghilangkan ngilu secara permanen.

Pasta Gigi Herbal

Pasta gigi herbal menawarkan pembersihan gigi tanpa deterjen dan cuma mengandung bahan-bahan alami. Namun demikian, perlu diwaspadai karena beberapa pasta gigi herbal ternyata tidak mengandung fluoride. Padahal, pasta gigi ber-fluoride penting sekali guna melindungi lapisan email dan menjaga gigi supaya tetap kuat.

Pasta Gigi Pencegah Plak

Gigi yang kurang bersih membuat kuman gampang berkembang biak dan merusak gigi sehingga terbentuk plak. Pasta gigi yang satu ini biasanya mengandung triclosan atau zinc sitrat. Akumulasi plak bisa dihambat dan racun yang dihasilkan bakteri yang bisa menyebabkan gangguan gusi juga berkurang.

Meskipun pasta gigi banyak variannya, namun jangan bingung mau pilih yang mana. Sebaiknya tanyakan kepada dokter gigi terlebih dahulu, mana pasta gigi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar