Cara-cara Menghindari Flu - Ngintips-Kesehatan

Rabu, 12 Desember 2012

Cara-cara Menghindari Flu

Cara-cara Menghindari Flu
Bila sistem kekebalan tubuh kita lemah, maka flu akan dapat dengan mudah menyerang. Oleh karena itu, beberapa tindakan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh diperlukan untuk mencegah flu menyerang.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari flu.

# Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Selain sebagai sumber vitamin D, sinar matahari juga bisa menonaktifkan virus penyakit tertentu. Berjemur di bawah sinar matahari pagi sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus flu. Karena sinar matahari berkurang pada saat musim hujan, ada baiknya mengonsumsi suplemen vitamin D agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

# Konsumsi Banyak Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah dikenal sebagai sumber viitamin dan aneka nutrisi lain seperti antioksidan, betakaroten, dan lain sebagainya. Bila dikonsumsi secara teratur, antioksidan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

# Cuci Tangan Sebelum Makan

Tangan dan kaki merupakan bagian tubuh yang paling banyak terdapat kuman penyakit. Bila kita mencucinya dengan sabun, maka hal ini bisa menghindarkan kuman tersebut masuk ke dalam tubuh melalui apa yang kita makan.

# Hindari Kontak Langsung dengan Penderita Flu

Cara penularan virus flu yang paling ampuh adalah melalui kontak secara langsung dengan penderita. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tak melakukan kontak fisik dengan orang yang sedang menderita flu.

# Kontrol Tingkat Stres

Stres bisa menurunkan kekebalan tubuh. Kita harus mengendalikan tingkat stres agar potensi terjangkit virus flu semakin mengecil.

# Olahraga yang Teratur

Olahraga teratur bisa memperkuat  imunitas tubuh. Misalnya, jalan kaki setiap pagi secara terus-menerus.

# Tidur yang Cukup

Bila Anda cukup beristirahat maka tubuh akan selalu segar. Pola tidur bisa mempengaruhi imunitas tubuh.