Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) - Ngintips-Kesehatan

Minggu, 09 Februari 2014

Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
Bibit penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mulai menjalar di mana-mana, baik di rumah-rumah yang baru kering setelah banjir maupun di tempat pengungsian.

Salah satu penyebab ISPA adalah Staphylococcus aureus. Bakteri ini kerap dijumpai di hunian-hunian yang memiliki iklim tropis.

Penyakit ISPA biasa menyerang bagian-bagian saluran pernapasan, mulai dari hidung (saluran atas), alveoli (saluran bawah), hingga sinus dan rongga telinga tengah.

Gejala ISPA

Tanda-tanda penyakit ISPA diawali dengan badan pegal-pegal, hidung beringus, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, dan demam. Gejala lain dari ISPA adalah sesak napas dan rasa sakit di dada.

Pengobatan ISPA

Setelah mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter, biasanya antibiotik, para penderita penyakit ISPA disarankan untuk beristirahat secara teratur. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kekebalan tubuhnya.

Pencegahan ISPA

Pastikan bahwa Anda untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Anda. Selain itu, selalu menutup mulut Anda saat batuk dan jangan meludah sembarangan untuk mencegah penularan.