4 Penyebab Mendengkur Saat Tidur - Ngintips-Kesehatan

Minggu, 24 November 2013

4 Penyebab Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur bisa terjadi karena otot di langit-langit mulut, lidah, dan tenggorokan berileksasi ketika kita tertidur. Hal ini menyebabkan jalan napas menjadi terhambat dan bergetar sehingga menimbulkan suara dengkuran.

Pada dasarnya semua hal yang mempersempit jalan napas bagian atas itu dapat menjadi penyebab dengkuran bila dilihat secara individu. Contohnya saja, bila seseorang mengalami kelebihan berat badan sehingga banyak lemak yang menumpuk di leher. Hal itu mengakibatkan jalan napas menjadi sempit.

Orang yang mempunyai hidung bengkok, sering pilek, ukuran amandel yang besar, atau mempunyai rahang yang terlalu kecil juga dapat menyebabkan terjadinya mendengkur. Nah, berikut 4 penyebab mendengkur saat tidur.

1. Tidur Telentang

Salah satu penyebab tidur mendengkur adalah posisi tidur telentang. Ketika tidur telentang, posisi mulut akan cenderung terbuka dan lidah akan terdorong ke dalam tenggorokan sehingga bisa menyebabkan penyumbatan saluran napas ke dan menyebabkan suara dengkuran.

2. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan tidur mendengkur selain tidak baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Merokok bisa memicu peradangan pada tenggorokan dan saluran napas. Peradangan ini akan mengakibatkan suara dengkuran ketika tidur.

3. Gangguan pada Hidung

Beberapa orang mendengkur karena mengalami alergi akibat perubahan cuaca atau saat mempunyai infeksi sinus. Selain itu, kelainan bentuk hidung seperti septum yang menyimpang (perubahan struktural pada dinding yang memisahkan satu lubang hidung dari yang lain) atau polip juga dapat menyebabkan tidur mendengkur.

4. Kelebihan Berat Badan

Orang yang mempunyai berat badan berlebih, biasanya akan mempunyai jaringan tenggorokan yang lebih besar juga. Pembesaran tenggorokan ini bisa mengakibatkan penyempitan saluran pernapasan dan menyebabkan tidur mendengkur.

1 komentar:

  1. jadi itu penyebabnya, truz kalau orng yg kadang mendengkur kadang tidak sebabnya apa donk..?!

    BalasHapus