Pemeliharaan Kesehatan pada Usia 50 Tahun Ke Atas - Ngintips-Kesehatan

Sabtu, 04 Mei 2013

Pemeliharaan Kesehatan pada Usia 50 Tahun Ke Atas

Pemeliharaan kesehatan bagi orang yang berusia di atas lima puluh tahun memang lebih sering dilakukan daripada orang yang masih muda. Tetapi, pemeriksaan kesehatan berkala tidak perlu dilakukan secara berlebihan. Pilih pemeriksaan yang penting dan memang berpengaruh bagi kesehatan.

Berikut ini pedoman pemeliharaan kesehatan pada usia 50 tahun ke atas.

Pemeriksaan Mata

Melakukan pemeriksaan mata sekurangnya setiap dua tahun. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi gangguan penglihatan dan gangguan kesehatan mata lainnya. Bagi yang menderita tekanan darah tinggi, kencing manis atau glaukoma harus lebih sering memeriksakan mata.

Pemeriksaan Gigi

Pemeriksaan gigi dianjurkan setiap satu tahun. Pemeriksaan gigi berguna untuk mengetahui gangguan pada gigi, serta untuk memeriksa kesehatan mulut pada umumnya. Bagi perokok atau mereka yang mengunyah tembakau, pemeriksaan berkala gigi harus lebih sering dilakukan karena risiko kanker mulut.

Pemeriksaan Tekanan Darah

Pengukuran tekanan darah perlu dilakukan setiap tahun. Bagi yang mengalami tekanan darah tinggi, perlu dilakukan pengukuran lebih sering, misalnya sebulan sekali. Pemeriksaan kadar lemak untuk mengetahui risiko penyakit jantung koroner. Bila kadarnya normal, cukup diulang setahun sekali.

Pemeriksaan Usus Besar

Pemeriksaan ini untuk mendeteksi kanker usus. Ada 3 jenis pemeriksaannya yaitu pemeriksaan colok dubur, pemeriksaan dalam tinja, dan pemeriksaan teropong usus besar (kolonoskopi). Pemeriksaan colok dubur dan darah dalam tinja dianjurkan setiap tahun, sedangkan kolonoskopi cukup tiga tahun sekali.

Pap Smear

Pemeriksaan ini hanya untuk perempuan. Pemeriksaan ini untuk menilai apakah ada abnormalitas selaput lendir leher rahim (serviks). Bila terjadi kelainan, melalui tes ini bisa dideteksi sehingga kelainan tersebut tidak berkembang menjadi kanker leher rahim (serviks). Kanker ini baru terjadi setelah sekitar 20 tahun ada perubahan pada selaput lendir serviks. Sekiranya kelainan awal bisa dideteksi melalui tes pap smear ini, maka perkembangan kanker bisa dicegah.

Pemeriksaan Payudara

Selain pemeriksaan payudara sendiri, dianjurkan pula pemeriksaan mammogram bagi perempuan. Pemeriksaan mammogram ini bisa mendeteksi kanker payudara sebelum bisa dideteksi melalui pemeriksaan fisik. Dianjurkan terutama bagi perempuan yang memiliki kerabat dekat yang menderita kanker payudara. Selain pemeriksaan khusus tersebut, pemeriksaan fisik secara lengkap juga bermanfaat. Lakukan pemeriksaan ini setiap tahun pada dokter keluarga Anda.

Imunisasi

Imunisasi pada orang dewasa berguna untuk mencegah penyakit. Bagi yang berumur dia tas 50 tahun, dianjurkan imunisasi influenza yang perlu dilakukan setiap tahun., Imunisasi pneumokok juga dianjurkan untuk mencegah penyakit pneumonia. Imunisasi penumokok dilakukan 5 tahun sekali, namun sekarang juga sudah ada vaksin baru penumokok yang pemberiannya cukup sekali sumur hidup pada orang yang berusia di atas lima puluh tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar