5 Manfaat Latihan Aerobik - Ngintips-Kesehatan

Senin, 11 Maret 2013

5 Manfaat Latihan Aerobik

5 Manfaat Latihan Aerobik
Aerobik merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di dengar telinga. Hampir setiap orang mengenal aerobik. Banyak orang yang melakukan aerobik untuk mengembalikan kebugaran tubuh atau untuk menurunkan berat badan.

Aerobik adalah latihan yang melibatkan grup otot besar untuk tetap aktif bergerak selama latihan. Seiring detak jantung yang meningkat, maka suplai oksigen akan meningkat pula sehingga bisa memperkuat otot, daya tahan serta stamina tubuh.

Latihan aerobik terdiri dari dua jenis yaitu High dan Low Impact Aerobic. High Impact Aerobic merupakan aerobik yang dilakukan dengan tempo cepat dan intensif. Misalnya, jogging, berlari, aerobik, bersepeda, dan lain-lain.

Sedangkan Low Impact Aerobic, adalah aerobik yang dilakukan dengan intensitas sedang. Jenis aerobik ini misalnya jalan kaki dan latihan aerobik dalam air.

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan latihan aerobik. Nah, berikut ini 5 manfaat latihan aerobik.

1. Menguatkan Jantung

Jantung yang kuat akan mencegah datangnya penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan serangan jantung. Detak jantung yang meningkat ketika latihan aerobik sering dikaitkan dengan lebih cepatnya pembakaran lemak.

2. Menguatkan Otot dan Tulang

Meningkatnya kekuatan otot akan meningkatkan kekuatan tulang pula.

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Jumlah kolesterol baik yang meningkat dalam tubuh akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula darah.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang meningkat akan membuat tubuh sulit diserang penyakit.

5. Meningkatkan Energi

Dengan melakukan aerobik selama 20 menit, maka energi akan meningkat sebesar 20%. Demikian yang diungkapkan peneliti dari University of Georgia. Hal tersebut dapat terjadi karena ketika melakukan aerobik, suplai oksigen tubuh dan energi ikut meningkat.

Itulah informasi mengenai 5 manfaat yang dapat kita peroleh dari latihan aerobik. Manfaat-manfaat tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar