Cara Mengatasi Asam Urat dengan Daun Sidaguri - Ngintips-Kesehatan

Minggu, 14 Desember 2014

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Daun Sidaguri

Daun Sidaguri
Sidaguri merupakan tanaman yang memiliki nama Latin Sida rhombifoli linn. Tumbuhan ini mempunyai banyak khasiat sebagai obat. Biasanya, tanaman ini tumbuh liar di selokan, sungai, atau di bawah pohon besar.

Salah satu khasiat dari daun sidaguri adalah untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Bukan cuma asam urat, daun sidaguri bisa pula dimanfaatkan sebagai obat untuk demam, disentri, dan bisul.

Bagi orang yang memiliki penyakit asam urat, dapat mengambil daun sidaguri sebanyak 15 sampai 20 gram, kemudian rebus bersama 3 gelas air. Rebus sampai mendidih, lalu diminum. Air rebusan daun sidaguri ini sebaiknya diminum sebelum makan sama halnya seperti daun alpukat.

Sobat dapat menambahkan jahe, sereh, madu atau gula aren untuk menambah rasanya. Jangan pakai gula pasir karena sebagai campuran karena bisa memperparah asam urat. Air rebusan daun sidaguri ini tidak memunculkan efek samping dan aman diminum oleh anak-anak dan orang dewasa.

Hasil yang diperoleh dari minum air rebusan daun sidaguri ini adalah berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung dari tingkat keparahan suatu penyakit. Jika telah sembuh, penderita asam urat dapat tetap minum air rebusan tersebut sebagai maintenance.

Namun, selain meminum air rebusan daun tersebut, sebaiknya penderita asam urat menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat, contohnya adalah makanan yang berasal dari kacang-kacangan, makanan laut, makanan yang mengandung banyak lemak, seperti hati, babat, ginjal, dan usus.

Di samping itu, perbanyaklah minum air putih supaya metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga bisa membantu pengeluaran purin dari dalam tubuh. Minum 2 liter atau kurang lebih 8 gelas air putih per hari supaya kadar asam urat bisa keluar lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di kandung kemih atau ginjal.