Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas - Ngintips-Kesehatan

Rabu, 01 Mei 2013

Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Salah satu cara untuk mengembalikan stamina tubuh agar bisa melanjutkan kegiatan dengan segar dan optimal pada keesokan harinya adalah dengan tidur di malam hari. Tidur dengan kualitas yang baik adalah sangat dibutuhkan untuk kesehatan kita.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan tidur yang berkualitas supaya dapat beraktivitas dengan segar dan optimal ketika terbangun di pagi hari? Cobalah melakukan 10 tips di bawah ini untuk mendapatkan tidur berkualitas.

1. Tidur Selama 7 - 9 Jam Per Hari

Jika diambil rata-rata, jumlah jam tidur yang ideal adalah selama 7 hingga 9 jam setiap hari.

2. Biasakan Tidur Sebelum Pukul 23.00

Tidurlah lebih awal sebelum pukul 23.00. Kebanyakan sel-sel tubuh melakukan fungsi perbaikan dan pemulihan pada pukul 23.00 - 01.00. Contohnya, empedu menetralkan racun selama periode ini. Bila Anda terbangun, maka racun akan kembali ke hati yang selanjutnya akan dialirkan kembali ke dalam sistem peredaran darah.

3. Biasakan Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama Per Hari

Ritme tidur yang tetap yaitu tidur dan bangun pada jam atau waktu yang sama dalam setiap harinya. Hal ini akan membantu tubuh Anda untuk mempunyai ritme tidur dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur dan bangun di pagi hari.

4. Buat Kondisi Pencahayaan yang Minim

Biasakan tidur dalam kondisi pencahayaan yang minim atau gelap. Saat cahaya mengenai mata, ini akan mengganggu irama sirkadian dari kelenjar pineal dan produksi melatonin serta serotonin sehingga bisa mengganggu kualitas tidur.

5. Hindari Makan Sesaat Sebelum Tidur

Proses pencernaan bisa mengganggu tidur. Oleh karena itu, hindari makan sesaat sebelum tidur. Makan biji-bijian dan gula pada akhirnya bisa menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah) yang dapat menyebabkan kelaparan dan gangguan tidur.

6. Hindari Nonton Televisi Sebelum Tidur

Rileks sebelum tidur dan hindari nonton TV. Tayangan televisi merangsang ke otak yang mengganggu kelenjar pineal sehingga bisa menyebabkan sulit untuk tidur atau tidur dengan kualitas baik.

7. Hindari Membaca 'Buku Serius' Sebelum Tidur

Bila Anda ingin membaca sebelum tidur, pilihlah buku-buku yang santai dan damai seperti literatur spiritual.

8. Hindari Penggunaan Jam Beker

Untuk membangunkan Anda, hindari penggunaan jam beker atau alarm yang keras.

9. Suhu Kamar yang Nyaman

Buat suhu kamar menjadi senyaman mungkin.

10. Berolahraga

Berolahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar