Home » » Tes Kebugaran dengan Rumus 56

Tes Kebugaran dengan Rumus 56

Kebugaran merupakan istilah umum yang menunjukkan fungsi kardiovaskuler, jantung, dan pembuluh darah dengan cadangan energi yang tinggi untuk tetap tampil sehat. Ukuran kebugaran yang digunakan adalah kapasitas aerobik atau lebih dikenal dengan VO2 max yang didapat dari uji latih. Kapasitas aerobik maksimal didefinisikan sebagai jumlah oksigen yang digunakan per menit per kilogram berat badan.

Suatu tes kebugaran yang mudah, murah, serta akurat adalah dengan menggunakan uji latih degan rumus 56. Rumus 56 merupakan parameter yang  paling mudah untuk mengukur kemampuan fungsional seseorang.

Tes ini dilakukan dengan uji jalan selama 6 menit yaitu mengukur tingkat kebugaran seseorang dengan berpatokan pada capaian tingkat konsumsi oksigen dengan mengukur jarak tempuh dan waktu tempuh. Hal ini berarti, bila kita diminta berjalan selama 6 menit mampu mencapai jarak 500 meter. Evaluasi rumus 56 dilakukan degan melihat perubahan intensitas waktu dan jarak setelah minimal 16 kali latihan.

Berikut ini beberapa kategori tingkat endurans berdasarkan rumus 56.

< 300 meter
Jelek
300 meter - 400 meter
Sedang
400 meter - 500 meter
Baik

Latihan yang dianjurkan adalah berjalan (treadmill), berenang, dan sepeda statis.
Frekuensi: 3 kali - 5 kali per minggu
Intensitas: 60% - 90% denyut jantung maksimal
Denyut jantung maksimal: 220 - usia (dikurangi usia)

0 komentar:

Post a Comment