Manfaat Tomat untuk Kesehatan - Ngintips-Kesehatan

Selasa, 28 Mei 2013

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Tomat
Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa tomat itu baik untuk kesehatan mata karena kandungan akan Vitamin A-nya yang begitu tinggi. Namun, menurut sumber yang saya baca, ternyata masih banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa kita peroleh dengan rajin mengonsumsi tomat ini. 

Berikut ini beberapa khasiat atau manfaat dari buah tomat selain untuk kesehatan mata.

1. Menetralisir Radikal Bebas

Seperti diketahui tomat itu banyak mengandung vitamin A dan C. Selain itu, kandungan beta karoten dan likopen-nya jugatinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Radikal bebas dalam darah ini bisa dibuang dengan likopen. Radikal bebas sangat berbahaya karena bisa merusak sel.

2. Mencegah Kanker

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan likopen yang ada di tomat bisa mengurangi kanker prostat pada laki-laki, kanker perut dan kanker usus besar. Likopen dianggap sebagai antioksidan alami yang bisa membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Tomat yang dimasak bisa memproduksi lebih banyak likopen daripada tomat mentah. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi sup tomat atau memasukkan tomat dalam masakan tumisan.

3. Mempercantik Kulit

Tingginya kandungan likopen dalam tomat juga sangat baik bila digunakan untuk perawatan kulit. Lapisi kulit wajah Sobat dengan bagian dalam kulit tomat dan diamkan selama kira-kira 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Wajah akan terlihat bersih dan bersinar seketika. Lakukan hal ini secara rutin setiap minggu.

4. Menyehatkan Jantung

Kandungan Kalium dan Vitamin B yang dipunyai tomat bisa menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol tinggi. Zat ini, nantinya dapat membantu Sobat mencegah stroke, serangan jantung dan gangguan jantung yang mematikan lainnya.

5. Menguatkan Tulang

Tomat juga mengandung Kalsium dan Vitamin K sehingga cukup untuk membantu tulang Sobat menjadi lebih kuat. Konsumsi sedikitnya satu buah tomat setiap hari.

6. Menyehatkan Rambut

Selain baik untuk mata, gigi, kulit, dan tulang, kandungan Vitamin A yang ada pada tomat juga bagus untuk menjaga rambut Sobat tetap kuat dan sehat.

1 komentar:

  1. baru tahu saya . . kalau ternyata tomat juga bisa mencegah kanker. . terima kasih banyak atsa wawasannya sobb!!!

    BalasHapus