Fakta dan Mitos Seputar Mata - Ngintips-Kesehatan

Minggu, 19 Mei 2013

Fakta dan Mitos Seputar Mata

Fakta dan Mitos Seputar Mata
Ada yang bilang kalo mata minus dapat disembuhkan dengan mengonsumsi wortel setiap hari. Katanya, jika membaca di bawah lampu yang remang dapat membuat mata sakit. Ini benar nggak sih?

Yah, berhubung semua itu masih "katanya", jadi kebenarannya masih harus dibuktikan dulu. Soalnya, mitos tentang mata makin banyak aja. So, biar nggak salah lagi, simak beberapa fakta dan mitos seputar mata di bawah ini.

1. Makan Wortel Dapat Membuat Penglihatan Semakin Jelas (Mitos)

Seperti diketahui, wortel memang banyak mengandung vitamin A. Hal ini berarti sangat baik untuk menambah gizi. Namun, bukan berarti bahwa dengan mengonsumsi wortel atau makanan yang mengandung vitamin A dapat membuat penglihatan mata kita semakin jelas. Bahkan, bila kebanyakan vitamin A dapat berbahaya juga bagi tubuh.

2. Nonton TV Jarak Dekat Dapat Merusak Mata (Mitos)

Nonton TV dari jarak dekat tidak langsung membuat mata rusak. Yang ada juga bila menonton TV terlalu dekat atau kebanyakan nonton TV, mata kita akan capek atau perih. Cara mengatasinya yaitu istirahatkan saja mata selama 5 menit, supaya rileks. Namun, bukan berarti kita bebas terus-terusan nonton TV dengan jarak dekat banget lho.

3. Membaca Sambil Tiduran Dapat Membuat Mata Minus (Mitos)

Seperti halnya nonton TV, membaca sambil tiduran tidak memberi efek ke mata kita. Namun, jika membaca sambil tiduran, biasanya posisi cahaya lampu tidak langsung menerangi buku. Jadinya kurang cahaya. Namun, bila membaca sambil duduk, posisi cahaya lampu akan jatuh tepat di atas buku. Oleh karena itu, posisi lampu dan posisi membaca harus pas. Jika lampunya remang-remang, otot mata harus bekerja lebih keras. Makanya, mata menjadi mudah lelah, akibatnya mempercepat kelainan mata (rabun dekat dan jauh).

4. Melihat Matahari Langsung Dapat Membuat Buta (Fakta)

Setiap kali kita melihat matahari langsung, sinar ultra violet yang dikeluarkan dapat merusak kornea, lensa dan retina. Pengrusakan ini dapat terjadi dalam satu menit. Oleh karena itu, jika melihat matahari harus memakai kaca mata hitam.

5. Memakai Frame Kaca Mata yang Salah Dapat Membuat Mata Rusak (Mitos)

Frame kaca mata tidak memberi pengaruh ke mata kita, Yang penting adalah lensanya harus sesuai dengan kekurangan penglihatan kita.

6. Memandangi Daun Hijau Dapat Membuat Minus Berkurang (Mitos)

Sebenarnya, tidak ada efeknya kalo melotoin daun hingga berjam-jam juga. Yang ada, malah bola mata kita kecapean.

7. Periksa Mata Jika Sudah Tua Saja (Mitos)

Bila mata kita sudah terasa rabun atau tidak enak, sebaiknya segera periksa ke dokter mata. Paling tidak, coba kunjungi optik untuk tes mata. Sebab, beberapa penyakit mata dapat dideteksi sejak dini. Nah, daripada semakin parah, lebih baik langsung dicek.

1 komentar:

  1. Thanks ya buat infonya, ternyata sinar ultraviolet bisa rusak mata ya... baru tau,

    BalasHapus