Angin Duduk dan Serangan Jantung - Ngintips-Kesehatan

Rabu, 15 Mei 2013

Angin Duduk dan Serangan Jantung

Angin Duduk dan Serangan Jantung
Anda pernah mendengar seseorang yang meninggal secara tiba-tiba? Padahal, sebelumnya orang tersebut terlihat sehat dan tampak segar-bugar. Sebelum meninggal, orang tersebut banyak mengeluarkan keringat dingin berlebihan sehingga banyak orang yang menyebut kasus ini dengan sebutan terserang angin duduk.

Keringat dingin yang keluar tersebut merupakan serangan jantung. Ciri serangan jantung adalah dada sakit dan sesak nafas.

Disarankan, bila seseorang mengeluarkan keringat yang cukup banyak, harus diwaspadai dan harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat. Ciri-cirinya yaitu keringat mengucur deras sehingga baju basah dan wajahnya pucat. Terkadang, bila menemui kasus seperti ini, masyarakat mengobatinya dengan mengerik, pijat, dan tidur.

Di samping itu, saat seseorang terkena serangan jantung, harus segera dibawa ke rumah sakit. Dokter akan memeriksa pembuluh darahnya.

Serangan jantung yang umum terjadi dikarenakan penyumbatan pembuluh darah atau Coronary Artery Disease (CAD). Pada pembuluh darah yang tersebut tersebut dilakukan pelebaran atau pelonggaran pembuluh darah supaya jantung kembali normal bekerja. Pelebaran itu menggunakan stent yang terbuat dari metal atau dengan BVS, stent yang terbuat dari polylactide yang dapat terabsorbsi oleh tubuh.

Tindakan pelebaran pembuluh darah tersebut dilakukan untuk menanggulangi serangan jantung itu. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya secepat mungkin untuk menolong nyawa pasien.