Cara Merawat Gigi Berbehel - Ngintips-Kesehatan

Kamis, 25 April 2013

Cara Merawat Gigi Berbehel

Cara Merawat Gigi Berbehel
Memakai behel atau bracket dapat memperindah gigi dan membuat rahang terlihat lebih bagus. Behel berguna untuk memperbaiki estetika gigi dan keseluruhan fungsi gigi dan mulut. Gigi yang berantakan membuat sulit disikat dan fungsi pengunyahan menjadi tidak maksimal.

Anda yang memakai behel harus lebih rajin merawat gigi supaya mendapatkan hasil susunan gigi rapi seperti yang diinginkan. Pasalnya, sisa makanan akan lebih gampang menempel pada behel. Pengguna behel tidak leluasa membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada behel dengan lidahnya karena dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat menyentuh kawat gigi.

Bila bebel tidak dibersihkan, maka sisa makanan yang menempel di sela-sela behel bisa menimbulkan karang gigi dan risiko gigi berlubang. Pasalnya, karang gigi timbul karena sisa makanan yang termineralisasi, yang biasanya terjadi pada daerah yang susah dibersihkan serta area tempat melekatnya kuman di dalam mulut, yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi biasa.

Berikut ini beberapa tips pembersihan gigi bagi yang menggunakan behel supaya terhindar dari masalah karang gigi dan kerusakan gigi lainnya.

1. Gunakan Sikat Gigi Khusus

Sikat gigi interdental merupakan sikat gigi khusus untuk kawat gigi yang bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela kawat gigi setelah makan. Desain sikat gigi tersebut telah disesuaikan untuk memudahkan membersihkan gigi dan behelnya.

2. Kumur-kumur dengan Air Putih

Setelah membersihkan sisa-sisa makanan, kumur-kumur dengan air putih sehabis makan dan sebelum tidur.

3. Kunyah Makanan yang Telah Dipotong

Kunyah makanan dalam bentuk yang sudah dipotong suapya lebih nyaman dalam mengunyah dan tidak mengganggu kawat gigi serta bisa meminimalisasi sisa makanan yang menempel pada kawat gigi.

4. Hindari Makanan yang Keras

Supaya kawat gigi tidak mudah lepas, hindari makanan yang keras, lengket, dan sulit dikunyah. Jika ingin mengonsumsinya, sebaiknya dipotong kecil-kecil, seperti memotong apel terlebih dahulu sebelum dimakan. Menggigit apel yang bulat akan merusak kawat gigi dan menimbulkan rasa nyeri.

5. Hindari Makan Permen Karet

Permen karet mempunyai tekstur yang mudah lengket. Oleh karena itu, hindari makan permen karet.

6. Rajin Kontrol ke Dokter Gigi

Rutin melakukan kontrol ke dokter gigi minimal tiga minggu sekali. Gigi yang berbehel berisiko lebih tinggi untuk memicu karang gigi dan gigi berlubang.

7. Mengontrol dan Melakukan Pembersihan Karang Gigi (Scaling)

Sebaiknya rajin mengontrol gigi karena semakin lama tidak kontrol, semakin lama juga kemajuan perawatan sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar