Tips Menangani Penyakit Asam Lambung - Ngintips-Kesehatan

Kamis, 07 Maret 2013

Tips Menangani Penyakit Asam Lambung

Berikut akan saya share beberapa tips yang diberikan oleh Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP untuk menangani penyakit asam lambung seperti termuat di NOVA 1303/XXV.

1. Jangan Menjadi Dokter Sendiri

Walaupun penyakit asam lambung sudah tidak asing, jangan menjadi dokter untuk diri sendiri. Contohnya, sakit di ulu hati langsung menyimpulkan sakit mag, padahal belum tentu maag. Bisa saja sakit di ulu hati karena penyakit jantung, empedu, atau pankreas. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu permasalahan sebenarnya.

2. Jangan Buru-buru Membeli Obat

Jangan buru-buru membeli obat yang beredar di pasaran karena jenis obat ini hanya bersifat sementara yaitu tidak mengobati secara jangka panjang.

3. Cari Tahu Penyebab Penyakit Asam Lambung

Ketahui penyebab penyakit asam lambung terlebih dahulu. Faktor pemicu terjadinya GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) beragam, di antaranya adalah karena faktor stres, makanan, minuman, atau rokok. Hindari semua makanan yang mengandung asam dan pedas.

Sebaiknya minum obat yang diberikan sesuai aturan dan ketentuan dokter. Minum antacid pun tidak boleh berlebihan karena yang namanya obat selalu mempunyai efek samping.