Tips Mencegah Hipertensi atau Darah Tinggi - Ngintips-Kesehatan

Minggu, 03 Februari 2013

Tips Mencegah Hipertensi atau Darah Tinggi

Tips Mencegah Hipertensi atau Darah Tinggi
Penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi minum obat antihipertensi secara rutin agar tekanan darahnya normal sekaligus menurunkan risiko sakit jantung dan stroke.

Namun, pengobatan tersebut tidak akan banyak membantu bila tetap menjalani gaya hidup yang masih mempunyai risiko meningkatkan tekan darah.

Berikut beberapa tips untuk mencegah hipertensi yang dapat dipraktikkan.

Menjaga berat badan mendekati ideal

Walaupun tak dapat meraih berat badan yang ideal, tetapi penderita hipertensi yang mempunyai masalah dengan kegemukan disarankan untuk konsentrasi menurunkan berat badannya. Penurunan berat badan sebanyak 4,5 kg dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan sehingga dapat mencegah hipertensi.

Menjaga pola makan

Caranya adalah dengan menjauhi makanan yang banyak mengandung kolesterol seperti gorengan, makanan asin yang mengandung garam dan monosodium glutamate (MSG atau vetsin). Penderita darah tinggi disarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran berserat seperti alpukat dan brokoli.

Memperbanyak olahraga

Terutama olahraga yang bersifat aerobik seperti jalan cepat selama 30 menit setiap hari. Menghindari olahraga yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah seperti olahraga angkat besi dan olahraga bela diri yang menggunakan tenaga.

Menghindari kebiasaan merokok dan alkohol

Kedua benda ini bisa memicu tekanan darah menjadi tinggi. Rokok mengandung banyak zat kimia yang apabila masuk ke dalam aliran darah akan menimbulkan arteriosklerosis sehingga membuat tekanan darah meningkat dan jantung bekerja lebih keras. Sedangkan alkohol bisa membuat meningkatnya kadar kortisol, volume darah merah dan kekentalan darah sehingga memudahkan naiknya tekanan darah.